7 Langkah Tepat Merawat Mobil Putih Agar Tidak Mudah Kusam

Merawat mobil putih adalah kewajiban yang harus dilakukan dengan rutin oleh setiap pemilik mobil. Dapatkan penawaran terbaik untuk perawatan mobil kesayanganmu hanya di Otoklix. Beberapa orang memilih mobil berwarna putih dengan alasan tampilan yang lebih mewah dan elegan dibandingkan dengan mobil berwana lain. Tidak heran jika mobil ini sangat digemari dan menjadi warna mobil favorit.

Namun, merawat mobil putih juga memerlukan perhatian khusus dibandingkan dengan mobil warna lainnya. Perawatan yang kurang maksimal bisa menyebabkan cat mobil putih jadi kelihatan kusam dan kotor. Ikuti langkah-langkah berikut ini agar mobil putih kesayanganmu tetap kinclong dan elegan.

Cara Merawat Mobil Putih dengan Benar Agar Tetap Kinclong

Jangan Mencuci Mobil di Bawah Terik Matahari

Kesalahan yang sering terjadi saat mencuci mobil adalah mencuci mobil di luar ruangan yang langsung terkena cahaya matahari. Jika kamu ingin merawat mobil putih, hindari kebiasaan tersebut karena suhu panas dari matahari akan membuat permukaan mobil lebih cepat kering padahal masih dalam kondisi bersabun.

Pada akhirnya, timbul bercak sisa sabun yang akan merusak penampilan cat mobil putih. Karena itu, cucilah mobil di ruangan yang tertutup seperti di garasi atau teras rumah yang memiliki atap.

Lakukan Cara Pencucian Mobil yang Benar

Kesalahan lainnya saat mencuci mobil adalah beberapa orang cenderung mencuci seluruh bagian mobil baru kemudian membilasnya. Padahal, jarak waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pencucian seluruh permukaan mobil menyebabkan beberapa area lebih cepat mengering sebelum dibilas.

Ketika sisa busa dan sabun yang belum dibilas tersebut mengering, ini akan merusak cat mobil putih dan membuatnya tampak kusam. Karena Itu, cara merawat mobil putih yang tepat adalah segera membilas bagian mobil yang sudah dicuci dengan sabun sebelum melanjutkan untuk mencuci bagian lainnya.

Membilas Mobil dengan Cara yang Tepat

Nah, bukan hanya mencuci saja yang perlu dilakukan dengan benar, membilas mobil dengan tepat juga merupakan bagian dari tips merawat mobil putih. Untuk mencegah kotoran dan sisa sabun mengendap di sela-sela mobil, kamu harus membilas mobil mulai dari bagian atas hingga ke bawah dengan gerakan searah. Merawat mobil putih dengan pembilasan yang tepat ini juga membuat kebersihan mobil lebih maksimal setelah dicuci.

Memilih Lokasi Parkir yang Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

Kelihatannya memang sepele sehingga tidak heran jika kebanyakan pemilik mobil sekedar memarkirkan mobil di mana saja. Padahal, sinar ultraviolet yang berasal dari cahaya matahari dapat merusak cat mobil bila terlalu sering diparkir di bawah terik matahari langsung.

Sebaliknya, jika kamu ingin merawat mobil putih agar warna catnya lebih awet dan tahan lama, carilah lokasi parkir yang teduh dan tidak langsung terpapar matahari.

Mencuci dengan Sabun Pembersih Khusus Mobil Putih

Untuk merawat mobil putih dengan lebih maksimal, memilih sabun pembersih yang tepat juga sangat berpengaruh. Gunakanlah sabun pembercih khusus yang memang berfungsi merawat cat mobil putih.

Hindari penggunaan deterjen, sabun colek, ataupun sabun mandi jika kamu tidak ingin mobil menjadi lebih cepat kusam karena memang jenis sabun tersebut memang tidak mengandung formula yang dapat melindungi tampilan warna cat mobil putih.

Jangan Sembarangan Menggunakan Kain Lap Saat Mengeringkan Mobil

Cara merawat mobil putih yang satu ini juga wajib umtuk kamu perhatikan ya. Setelah mencuci mobil, pastikan kamu melakukan pengeringan dengan benar dan bukannya membiarkan mobil mengering sendiri agar tidak ada sisa air yang  menjadi bercak dan mengganggu penampilan cat mobil putih.

Untuk mengeringkan mobil dengan benar, kamu juga harus memilih bahan kain lap yang tepat. Kain lap microfiber merupakan jenis bahan yang paling disarankan untuk mengelap permukaan mobil karena memiliki daya serap cukup tinggi serta tidak meninggalkan sisa kotoran pada permukaan maupn sela-sela mobil.

Berikan Perlindungan Tambahan pada Mobil Putih Kesayanganmu

Yang terutama jika kamu ingin merawat mobil putih dengan benar adalah dengan memberikan perlindungan ekstra yang maksimal untuk melindungi cat mobil putih. Salah satu caranya adalah melakukan pemolesan agar cat mobil kembali mengkilat dan seperti baru.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan coating mobil untuk melindungi cat mobil agar tidak mudah retak dan mengelupas. Tips merawat mobil putih yang ketujuh ini tentu tidak dapat kamu lakukan sendiri. Kamu bisa membawa mobil kesayanganmu ke bengkel terpercaya di Otoklix dan mobil putihmu akan tangani oleh mekanik berpengalaman yang terbaik di bidang layanan body repair. Dalam waktu singkat, mobil yang sebelumnya tampak kusam dan mungkin terdapat cat yang sudah rusak akan kembali berkilau dan mewah seperti ketika baru dibeli!

https://garasi.id/artikel/7-tips-dan-langkah-untuk-merawat-mobil-putih-agar-selalu-tetap-mengkilap/5d3b2a762a655b024a3a944c

Tinggalkan komentar